BAZNAS RI Optimalkan Layanan Penghimpunan ZIS untuk Ramadhan 2025
12/02/2025 | Penulis: Kontributor: Ilham Syah Editor: Pu3
Rapat Kerja Teknis Pengumpulan Ramadhan 1446 H
Dalam rangka menyambut bulan Ramadhan 1446 H/2025 M, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI terus meningkatkan aksesibilitas dan efisiensi dalam penghimpunan zakat, infak, dan sedekah (ZIS). Berbagai inovasi dilakukan, baik melalui kanal retail maupun digital, guna memastikan masyarakat dapat menunaikan kewajibannya dengan lebih mudah dan aman.
Upaya ini menjadi pembahasan utama dalam Pengajian BAZNAS Selasa Pagi yang bertema "Pengumpulan Retail dan Off Balance Sheet dalam Mencapai Target Pengumpulan Ramadhan". Acara tersebut diselenggarakan oleh Pusdiklat BAZNAS dan disiarkan melalui kanal YouTube BAZNAS TV beberapa waktu yang lalu. Hadir dalam acara tersebut Pimpinan BAZNAS RI Bidang Transformasi Digital Nasional, Prof. Ir. Nadratuzzaman Hosen, MS., M.Ec, Ph.D., serta Direktur Pengumpulan Perorangan BAZNAS RI, Fitriansyah Agus Setiawan.
Prof. Nadratuzzaman menekankan bahwa Ramadhan merupakan kesempatan emas bagi umat Islam untuk meningkatkan ibadah, termasuk dalam hal zakat dan sedekah.
“Bulan Ramadhan bukan hanya soal ibadah puasa dan shalat, tapi juga menjadi waktu di mana masyarakat lebih banyak berzakat, berinfak, dan bersedekah. Jangan sampai pengumpulan kita rendah, sementara potensi donasi sangat besar,” ujarnya.
Guna mengoptimalkan penghimpunan, BAZNAS menyiapkan strategi layanan yang lebih mudah dan cepat, seperti memperluas jaringan gerai ZIS, bekerja sama dengan perusahaan ritel dan komunitas, serta menggelar berbagai event dan program penggalangan dana kreatif.
"Selain itu, program zakat istana dan layanan jemput zakat juga difasilitasi guna memudahkan masyarakat menyalurkan ZIS melalui BAZNAS," tambahnya.
"Sementara itu, pada kanal digital diperkuat melalui pembayaran via e-wallet, transfer bank, dan marketplace agar lebih mudah diakses oleh para muzaki," kata Nadratuzzaman
Selain itu, pendekatan penghimpunan off balance sheet juga dimaksimalkan dengan menggandeng masjid, yayasan, dan komunitas agar dana zakat dari berbagai sumber dapat terkelola secara lebih optimal.
“Pendekatan ini sangat penting karena banyak donasi yang sebenarnya bisa dihimpun dari sumber-sumber tersebut jika dikelola dengan baik,” pungkasnya
Sementara itu, Direktur Pengumpulan Perorangan BAZNAS RI, Fitriansyah Agus Setiawan, menyoroti pentingnya kecepatan dan kemudahan dalam layanan penghimpunan ZIS.
“Kami ingin memastikan donasi bisa dilakukan dengan lebih mudah dan cepat. Apalagi, puncak penghimpunan terjadi di 10 hari terakhir Ramadhan, sehingga kita harus siap dengan berbagai kanal,” jelasnya.
BAZNAS juga telah menyusun strategi komunikasi yang agresif untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menunaikan ZIS. Kampanye Above The Line (ATL) dilakukan melalui media sosial, televisi, radio, dan billboard, sedangkan kampanye Below The Line (BTL) memanfaatkan WhatsApp, SMS, dan email sebagai sarana edukasi dan ajakan.
Fitriansyah optimistis bahwa dengan strategi yang telah dirancang, BAZNAS mampu mencapai target penghimpunan ZIS untuk Ramadhan 2025.
“Dengan strategi yang telah dipaparkan, kami optimistis, BAZNAS dapat mencapai target fundraising Ramadhan tahun 2025. Dengan demikian, BAZNAS dapat memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat yang membutuhkan, khususnya selama Bulan Ramadhan,” ungkap Fitriansyah.
Berita Lainnya
Pimpinan BAZNAS Kalteng Tanam Pohon Metoa di Hari Bumi
Permudah Pembayaran ZIS, BAZNAS dan BCA Digital Hadirkan Fitur Zakat dan Sedekah di blu by BCA Digital
BAZNAS Kalteng dan BKKBN Teken Kerja Sama Cegah Stunting
BAZNAS, Le Minerale, dan Masjid Istiqlal Hadirkan Dropbox Daur Ulang Botol Plastik
BAZNAS Kalteng Raih Penghargaan di BAZNAS Awards 2025
BAZNAS Dukung UMKM ZChicken, Produksi Ayam Capai 50 Ekor per Hari

Info Rekening Zakat
Mari tunaikan zakat Anda dengan mentransfer ke rekening zakat.
BAZNAS